MAHASISWA KKN UIN MY BATUSANGKAR DAMPINGI SEKOLAH TELADAN ISTERI SAWAHLUNTO (SILO)

oleh -

 

Semangat Islam—Sawahlunto—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang berlokasi di desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto ikut berpartisipasi dalam mensukseskan berbagai program yang ada di Kota Sawahlunto.

Di antara program unggulan yang ada di kota Sawahlunto adalah Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO). Program ini merupakan Program Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Sawahlunto yang telah diresmikan sejak tanggal 26 Juni 2021.

Sekolah Istri Teladan Sawahlunto, merupakan kegiatan bagi perempuan yang sudah menikah, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam keluarga ataupun di tengah masyarakat dan memberikan edukasi kepada para ibu di Kota Sawahlunto agar dapat mengoptimalkan perannya sebagai istri dan ibu, sehingga keluarga-keluarga di Sawahlunto dapat menjadi keluarga yang kuat.

Baca juga:  Pengelola Kedai Kopi Gumarang Ikuti Pelatihan Business Model Canvas (BMC)

Dalam kegiatan SILO yang diadakan di desa Kolok Mudik pada hari Jum’at 12 Agustus 2022 diikuti oleh seluruh perangkat desa dan ibu-ibu anggota PKK desa Kolok Mudik kota Sawahlunto.

Menariknya, atas permintaan langsung dari kepala desa yang menjadi pemateri pada kegiatan SILO ini adalah  Esa Hanifia, Mahasiswa KKN UIN Mahmud Yunus Batusangkar dari jurusan Hukum Keluarga Islam. Esa menyampaikan materi tentang “Istri Cerdas, Suami Bangga, dan Anak Bahagia“,

Selain penyuluhan dan uraian materi yang disdampaikan, Esa Hanifia juga menampung aspirasi atau keluhan ibu-ibu yang mengalami ketidakharmonisan dalam rumah tangganya. Dalam penyuluhan ini para ibu-ibu sangat antusias mendengarkan, bertanya dan sharing dari pemateri yang selalu melandaskan materinya dengan bagaimana harusnya kehidupan berumahtangga dalam ajaran Islam.

Baca juga:  Majelis Masyayikh untuk Apa? Berikut Penjelasan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Sementara itu, kepala desa Kolok Mudik, Jufrinaldi mengucapkan terimakasih banyak kepada  mahasiswa KKN dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang telah berpartisipasi dalam seluruh kegiatan sosial kemasyarakatan di desa tersebut.

Saat kegiatan berlangsung, Mahasiswa KKN juga berkesempatan mengenalkan pada masyarakat desa Kolok Mudik bahwa kuliah di UIN Batusangkar sangat memberikan benefical yang banyak. (MP)

No More Posts Available.

No more pages to load.