Mahasiswa KKN-PLB UIN Mahmud Yunus Batusangkar Lakukan MABAR (Mengaji Bareng) di TPA Al Ihsan Kelurahan Lubang Panjang

oleh -

Semangatislam.id—Sawahlunto—Taman Pendidikan Al-Quran atau biasa disebut dengan TPA merupakan suatu lembaga nonformal atau tempat dimana anak-anak mempelajari membaca, menulis, dan menghafal Al Qur’an maupun tentang pembelajaran Agama Islam.

Salah satu program kerja yang dikembangkan dari Tim KKN-PLB UIN Mahmud Yunus Batusangkar di Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto  adalah yang menerapkan strategi team building dalam bentuk MABAR (Mengaji Bareng).

TPA Al Ihsan RT 03 Kelurahan Lubang Panjang,  Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto ini memiliki lebih kurang 20 santri dan santriwati yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelombok Alqur’an dan kelompok Iqro’

Kegiatan Mabar (mengaji Bareng) ini dilakukan setiap hari dimulai ba’da magrib sampai isya. Kegiatan mengaji diawali dengan membaca Asmaul Husna dan doa bersama lalu ditutup dengan membaca doa dan salam. Anak-anak TPA pun senang akan adannya mahasiswa KKN UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Baca juga:  Jalin Kerja Sama UIN Suska RIAU Kunjungi IAIN Batusangkar

Pada Selasa (08/08/2022) merupakan pertemuan pertama mahasiswa KKN-PLB UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan para santri di TPA Al Ihsan. Pada kegiatan awal ini, mahasiswa KKN-PLB Uin Mahmud Yunus Batusangkar melakukan perizinan kepada pengajar di TPA.

“Alhmadulillah, dengan senang hati dan Tangan kami izinkan,” tutur Ustazah Wanda, sebagai salah satu pengajar di TPA tersebut ketika kami meminta izin untuk ikut menjalankanprogram kami di sana.

Dilanjutkan dengan perkenalan satu per satu oleh mahasiswa. Setelah itu, setiap santri dipersilahkan menuju ke ustazah masing-masing untuk mengaji sesuai dengan tingkatannya.

Kegiatan MABAR (Mengaji Bareng) ini tidak hanya di isi dengan membaca dan menghafal alquran tetapi para santri juga diajarkan tentang doa sehari-hari, rukun Islam, bacaan wudu, bacaan sholat, praktik wudu, praktik sholat, fiqih ibadah dan cerita Nabi dan lainnya. Program ini cukup menarik perhatian masyarakat RT 03 Kelurahan Lubang Panjang Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.

Baca juga:  Wali kota Padang Panjang Fadly Amran Sambangi Stand PPs IAIN Batusangkar

Para santri terlihat begitu antusias dan bersemangat dengan Program Mabar (Mengaji Bareng)  yang didampingi oleh mahasiswa KKN-PLB UIN Mahmud Yunus Batusangkar ini.

Kegiatan Mabar (Mengaji Bareng) ini merupakan salah satu bentuk kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar sekaligus bentuk nyata program KKN-PLB yang dilaksanakan oleh UIN Mahmud Yunus Batusangkar.(nn)

No More Posts Available.

No more pages to load.