,

4 KONSEP DASAR UNTUK MEMBANGUN PENGETAHUAN

oleh -

Semangat Islam—Proses pembelajaran adalah proses dimana seorang pembelajar membentuk skema untuk mendapatkan pengetahuan, berikut 4 konsep dasar untuk membangun pengetahuan menurut Piaget, yaitu: melakukan asimilasi, dan akomodasi serta situasi disequilibrium.

  1. Skemata

Skemata adalah kata jamak dari skema. Skema adalah struktur kognitif seseorang tentang lingkungannya. Seseorang mampu menggambarkan lingkungannya tergantung dari seberapa banyak skema yang ada dalam struktrur kognitifnya.

Skema seseorang berkembang sesuai dengan perkembangan fisiknya, semakin dewasa seseorang semakin lebih rinci dan komplek skema sesorang.

  1. Asimilasi

Asimilasi merupakan proses kognitif yang menempatkan dan mengklasifikasikan kejadian yang baru dalam skema yang telah ada.

Dengan asimilasi seseorang dapat mengembangkan skematanya dan dapat  memahami lingkungan sekitarnya.

  1. Akomodasi
Baca juga:  HMJ PAI IAIN Batusangkar Gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Se-Asia Tenggara

Akomodasi terjadi apabila ada pengalaman baru, seseorang tidak dapat mengasimilasi jika skema yang telah ada tidak cocok dengan pengalaman yang diterimanya.

Maka dalam situasi seperti ini akomodasi dapat dilakukan dengan membentuk skema baru yang cocok dengan pengalaman baru, atau memodifikasi skema yang ada sehingga cocok dengan pengalaman tersebut.

Akomodasi tidak terjadi apabila pengalaman itu asing bagi seseorang.

  1. Equilibrium

Adalah suatu proses pengaturan keseimbangan antara asimilasi dengan akomodasi.

Dalam tahap ini seseorang mengalami ketidakstabilan ketika menerima pengalaman baru, karena skema yang ada tidak sebanding dengan pengalaman yang diterima. maka terjadilah pengaturan diri secara mekanis antara asimilasi dan akomodasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.