Berita  

IAIN Batusangkar Menuju Sertifikasi ISO 9001:2015

SemangatIslam –  Dalam  rangka meningkatkan  mutu IAIN Batusangkar, Lembaga Penjaminan Mutu  IAIN  Batusangkar  menyelenggarakan Workshop  Penyusunan  Dokumen  dan Visitasi  Berbasis ISO 9001:2015.

kegiatan tersebut diikuti oleh, Wakil Dekan I , Ketua Lembaga, Koordinator Gugus  Pengenali  Mutu Fakultas, Ketua TIPD, Sekretaris Satuan Pengawasan Internal, Unit Perencanaan  dan Keuangan, unit Akademik dan Kemahasiswaan, Auditor ISO Internal dan Tim penyusun Dokumen ISO.

Kegiatan  workshop ini  berlangsung selama 3 hari  pada  29-1 September  2021 bertempat di Hotel Royal Denai Bukitinggi. Workshop  penyusunan dan visitasi ISO 9001:2015 ini  dibuka  oleh Rektor IAIN Batusangkar  yang diwakili oleh wakil  Rektor  bidang Akademik dan Kemahasiswa  Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd.

Dalam sambutannya  Wakil Rektor  menyampaikan pentingnya komitmen seluruh jajaran pimpinan untuk memiliki Sistem Manajemen Organisasi yang mendukung suksesnya layanan dan jasa akademik untuk memenuhi SNPT, Kriteria 9 BAN PT pada APT 3.0, APS 4.0, serta untuk meningkatkan reputasi lembaga bertaraf internasional sesuai Standar  ISO 9001:2015.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah  Tim Konsultan  dari PT. Global sertification Indonesia yang berpusat Yogyakarta dan Dr. Muhmmad  Fahkri Husen, SE, M.S,  Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)  UIN Sunan kalijaga Yogyakarta.

Materi yang di sampaikan antara lain:  klausul-klausul dalam sistem manajemen ISO, dokumen ISO meliputi dokumen induk, dokumen tatapamong, tatakelola dan SPMI, dilanjutkan implementasi dengan menerjunkan Auditor untuk mengaudit Auditee Prodi, Lembaga dan Unit.

Dalam Pemaparannya  Dr, Muhammad  Fakhri Husen Menyatakan  ISO merupakan Kerangka dasar  bagi pengembangan sebuah  institusi atau lembaga. Maka dibutuhkan komitmen  semua   semua pihak  mulai dari  level pimpinan sampai pegawai.

“ Menurut  saya  IAIN  Batusangkar  adalah salah satu PTKIN  yang mengalami perkembangan yang sangat signifikan terutama dalam  menjaga quality assurance. Bagi saya, dalam kondisi saat ini, tidak sulit bagi IAIN  Batusangkar  mendapatkan sertifikat ISO ini. Ujar Fakhri.

Ketua  LPM Dr. Ulya Atsani, MH mengungkapkan  untuk menjadi  exelent university dan dapat berkompetisi dengan  perguruan tinggi-perguruan tinggi lainnya adalah dengan cara  meningkatkan quality assurance salah satunya melalui ISO

“Kita  menargetkan diakhir  tahun   2021 ini, IAIN batusangkar  telah memiliki  sertitifikasi internasional tersebut. Harap Ulya. (nbm/SI)