Apa Hukum Memakai Cadar? Berikut Pandangan Ulama

oleh -

Fenomena cadar (niqab) dalam pandangan syariah merupakan  masalah yang masih menjadi perdebatan di kalangan para Ulama. Sebagian mengatakan wajib,  sebagian lagi mengatakan sunnah dan sebagian lagi berpandangan bahwa cadar (niqab) hanya wajib bagi perempuan yang menawan, bisa menimbulkan fitnah bahkan terancam keselamatannya.

Di samping itu, ada juga sebagian pendapat mengatakan bahwa hijab hanya diperuntukkan bagi isteri-isteri nabi dengan melihat konteks Asbab Nuzul-nya, bukan untuk seluruh muslimah sebagaimana pendapat Al-Mahlab, Ibnu Batthal dan Ibnu Juzayy al-Kalbi.

Dalam konteks ke Indonesiaan, cadar merupakan hal yang “asing” di tengah kehi-dupan masyarakat. Mazhab yang digunakan di Indonesia lebih cenderung berpegang bahwa wajah bukan merupakan aurat yang harus ditutupi.

Baca juga:  Kenapa Kita Sering Lapar saat Puasa? ini Penyebab Yang Harus Kamu Tahu

Sebab, kultur di Indonesia lebih terkenal dengan keramah-tamahan, gotong royong, dan kehidupan sosialnya. Maka, tidak ada sekat yang menjadi jurang pemisah antara laki-laki dan perempuan di tengah kehidupan masyarakat.Sehingga pendapat mayoritas ulama fiqh sudah tertanam dan bersebati dalam jiwa masyara-kat Indonesia.

Pengertian Cadar

Istilah cadar berasal dari bahasa Persi ‘chador’ yang berarti ‘tenda’. Dalam tradisi Iran, cadar adalah pakaian yang menu-tup seluruh anggota badan wanita dari kepala sampai ujung jari kakinya.

Masyarakat India, Pakistan dan Bangladesh menyebutnya purdah, adapun wanita Badui di Mesir dan kawasan Teluk menyebutnya Burqu (yang mnutup wajah secara khusus). Cadar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kain penutup kepala atau muka (bagi perempuan).

Baca juga:  Ini Dia Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri

Dalam bahasa Arab cadar disebut dengan Niqāb.Niqāb bentuk jamaknya Nuqūb. Dalam kamus Al-Munawwir Niqāb berarti kain tutup muka.Dalam kamus Lisaanul Arab kata Niqāb yaitu kain penutup wajah bagi perempuan hingga hanya kedua mata saja yang terlihat.

Arti kata cadar di atas, dapat dipahami bahwa cadar adalah suatu nama yang diperuntukkan bagi pakaian yang berfungsi untuk menutup wajah bagi perempuan dari hidung atau dari bawah lekuk mata kebawah.

Sejarah Cadar

Sejarah manusia pertama di muka bumi, Adam dan Hawa’, telah merasakan butuhnya terhadap pakaian paling tidak yang dapat menutupi kamaluan mereka, atau yang bisa menutupu tubuhnya.

Ketika Adam dan Hawa’ digoda setan untuk memakan buah pepohonan yang sedang dilarang Allah untuk didekati, Adam melanggar perintah tuhannya dengan mengikuti saran setan untuk mema-kan buah pohon khuld yang sedang dilarang itu.

Baca juga:  Arti Alquran Surat Al- Falaq Bilingual (Indonesia-Inggris)

Setelah mengikuti saran setan tampaklah kemaluan keduanya, sehingga merasa malu dan membutuhkan penutup untuk menyem-bunyikan kemaluannya.

No More Posts Available.

No more pages to load.