IAIN Batusangkar Jalin Kerjasama dengan Perpusnas

oleh -

SemangatIslam– Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar  bersama tim melakukan kunjungan keperpustakaan nasional, agenda kunjungan kali ini adalah penandatangan  Kerjasama antara IAIN Batusangkar dengan Perpustakaan Nasional.  Pada senin 6/21/2021 di gedung perpustakaan nasional Jakarta

Hadir dalam kegiatan tersebut  Rektor IAIN Batusangkar Bapak Dr. Marjoni Imamora M.Si beserta rombongan perpustakaan IAIN Batusangkar dan Kepala perpustakaan Nasional RI  bapak  Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. beserta staff.

Momerendum Of Undestanding (MoU) tersebut menghasilkan beberapa nota kesepahaman  antara IAIN Batusangkar  dengan perpustakaan Nasional diantaranya; layanan akses keanggotaansecara gratis, Pembuatan kartu secara gratis bagi Dosen dan Mahasiswa yang mana dapat memberikan akses free download pada jurnal nasional dan internasional seperti (springer, elzievier), magang mahasiswa,  dan pelatihan  bagi tenaga perpustakaan dalam pengelolahan jurnal yang bereputasi nasional dan Internasional.

Baca juga:  HMJ PPI IAIN Batusangkar Gelar Diskusi Publik Satu Tahun Pemerintahan Eka Richi

Pada kesempatan ini Perpustakaan nasional memberikan fasilitas keanggotaan langsung yang dapat digunakan seumur hidup kepada Rektor IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora mengatakan sebagai bentuk kontribusi dalam penguatan dan pengembangan  serta melahirkan tenaga perpustakaan yang profesional, Saat ini IAIN Batusangkar telah  membuka program studi ilmu perpustakaan Dan Informasi Islam yang sudah Terakreditasi sangat baik (B).

Disamping itu, menurut Marjoni Imamora, keberadaan perpustakaan yang representatif sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tridarma Perguruan Tinggi, khususnya Perpustakaan IAIN Batusangkar sendiri saat ini sudah terakreditasi A sejak 2019.

Kebutuhan akan perpustakaan ini tentu harus selalu ditunjang dengan peningkatan koleksi buku-buku yang dibutuhkan dalam pembelajaran dan penelitian sivitas akademika IAIN Batusangkar.

Baca juga:  Siswa Antusias Ikuti Roadshow Sosialisasi Jurusan Pemikiran Politik Islam IAIN Batusangkar

“Apabila para dosen tidak mengambil atau menggunakan rujukan pustaka terkini, tentu akan ditinggalkan oleh mahasiswa,” ungkapnya.

Maka wujud kepedulian IAIN Batusangkar terhadap pengembangan perpustakaan dibuktikan dengan selalu alokasikan anggaran untuk memperbaharui koleksi buku-buku yang ada di perpustakaan. Bahkan nilainya lumayan besar yakni mencapai 100 milyar setiap tahun. “Namun ini belum maksimal karena masih banyak kebutuhan sarana prasarana lain yang dibutuhkan dalam memenuhi kegiatan kampus untuk tetap berjalan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Marjoni mengharapkan Perpusnas dan IAIN Batusangkar juga dapat mengarahkan kerja sama tersebut dalam bidang pengembangan sumber daya manusia perpustakaan. “Kami ingin diberikan akses untuk mahasiswa dan para dosen kami untuk menambah pengetahuan baru melalui program seperti magang,” sebutnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.