Budaya  

Negeri Diatas Awan “Puncak Marangin” Pesona Alam Nagari Atar

Semangat Islam-Nagari Atar yang berada di Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat punya obyek wisata baru yang sedang viral. Obyek wisata tersebut  di kenal  Negeri di Atas Awan yang terletak di Puncak Marangin jorong Taratak XII.

Puncak Marangin menjadi tempat wisata eksotis dengan pemandangan hamparan awan di kaki bukit. Di tempat ini wisatawan serasa berada di atas awan, tak salah jika objek ini dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan. Bahkan pemandangan yang disuguhkan tidak kalah indahnya dengan Negeri di Atas Awan yang ada di diberbagai wilayah di Indonesia.

Dari atas Puncak Marangin, para pengunjung dapat menyaksikan lanskap alam yang sangat indah dan makin terasa eksotis, manakala matahari pagi mulai menampakkan diri, langit berubah warna menjadi  oranye, merah dan kuning dan pada sore hari, saat mata hari mau tengelam di ufuk barat.

Sunrise disini sangat indah, itupun kalau  beruntung bisa menyaksikannya, karena biasanya sunrise tidak terlihat karena tertutup awan. Gumpalan awan itu akan terlihat mulai pukul 05.00 wita sampai pukul 08.00 wib.

Puncak marangin

Dari atas puncak marangin ini juga,  dari kejauhan bisa terlihat hamparan pebukitan yang tersusun indah dengan balutan awan putih yang tebal yang begitu memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alam Nagari Atar.

Kemolekan dari Puncak Marangin ini juga dimanfaatkan oleh para pengunjung  mengabadikan keindahannya dengan berswafoto.

Meskipun  belum dibuka secara resmi,   Puncak Marangin tidak pernah sepi  dikunjungi pelancong, terutama pada hari sabtu, minggu dan hari libur nasional. Bahkan  untuk  mendapatkan momen yang paling eksotis  para pengunjung tidak segan-segan untuk bermalam diatas Puncak Marangin menunggu sunrise.

Salah seorang pegunjung mungkapkan bahwa pemandangan ini merupakan salah satu tempat terbaik yang pernah dikunjunginya. “saya belum pernah melihat pemandangan sebagus ini, deretan pebukitan dan hamparan lembah yang sangat memanjakan mata,” sebut Novi.

lebih lanjut novi mengunggapkan, “ini adalah potensi wisata bagi nagari atar  yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian  masyarakat nagari atar jika dikelolah secara baik”.tegasnya!

Untuk menikmati pesona negeri diatas awan puncak maragin, para pengunjung harus pengunjung harus menempuh perjalan dengan kendaraan. Dari kota batusangkar  ke nagari Atar Jorong taratak XII dengan jarak sekitar 30 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Dari ujung jorong taratak XII menuju Puncak Marangin  masih harus ditempuh dengan jalan kaki menyusuri  perkebunan karet  serta lereng perbukitan yang tidak begitu terjal. Sehingga anak-anak pun bisa juga untuk  menikmati keindahan alam ini. Untuk sampai ke puncak, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit lamanya.